Thursday 26 December 2013

Kesulitan hidup adalah hasil pilihan manusia

As salamu'alaikum Wr. Wb.

Di masjid ada orang yang berdoa bersama sama yang diucapkan oleh imam dan diaminkan oleh ma'mun. Ada karena yang shalat di masjid sedikit, dan diantara yang sedikit ada yang sesudah shalat langsung pulang, atau berdoa sendiri lalu pulang.

Doa adalah permintaan. Sering doa diucapkan imam atau pemimpin doa dalam bahasa Arab, yang tidak dipahami sebagian besar ma'mumnya. Sehingga apapun yang diucapkan imam langsung diaminkan.

Ketika imam membaca, "Inni zalamna anfusana" dan imamnya berhenti untuk mengambil nafas, ma'mumnya dengan lantang membaca, "Amiiiiiin". Ini adalah doa yang diucapkan Nabi Adam, yang karena pilihannya yang salah mengakibatkan kita semua terdampar di Bumi.

Tahukah ma'mun arti dari permintaan itu?

Inni=sungguh, zalamna=kami zalim, anfusana=pada diri sendiri. Jadi artinya, sungguh kami menzalimi diri kami, ....dan ini di aminkan oleh ma'mun.

Jadi jika sebagai manusia mereka ditindas dan dizalimi, itu adalah pengabulan dari doa mereka sendiri. 'Ud'unii astajib lakum. Allah pengabul segala doa.

Jadi hati hatilah mengaminkan doa. Jika tidak mengerti, lewatkan, tetapi cari tahu artinya agar perbendaharaan doa kita bertambah. Atau untuk amannya, sebaiknya berdoa dengan bahasa yang dimengerti oleh mayoritas ma'mum.

Apakah kita juga boleh Shalat menggunakan bahasa lokal? Tidak karena itu adalah konsep persatuan tidak hanya negara, tetapi seluruh dunia. Insya Allah menjadi bahasan Jum'at depan.

No comments:

Post a Comment