Sunday 10 August 2014

Penyaliban Yesus dan siapa penggantinya. Mohon jawaban dari Ahli Alkitab.

 Siapa yang benar? Yohanes atau Matius, Markus, Lukas?

Dalam rangka membaca dan mencoba memahami isi kandungan Quran, saya tertarik untuk mengetahui siapa yang jadi pengganti Nabi Isa as saat disalib, seperti yang dinyatakan oleh Al Quran ayat 4:157 tentang penggantian orang yang diserupakan dengan Nabi Isa as.

Kecemasan saya adalah apakah Allah SWT yang Maha Adil begitu semena menanya mengorbankan orang untuk pengganti Nabi Isa as. Apakah penggantinya Malaikat, setan atau adakah orang yang pantas dihukum karena kejahatannya?

Saya tidak atau belum menemukan jawabannya dalam Al Qur'an.Tetapi Saya malah menemukan jawaban siapa nama orang itu dalam alkitab. Jika ditanyakan bagaimana jalan peristiwanya, maka saya terbentur dengan mana pernyataan yang benar dari peristiwa dibawah ini:
 
1a. Matius  26:48 Orang yang menyerahkan Dia telah memberitahukan tanda ini kepada mereka: "Orang yang akan kucium, itulah Dia, tangkaplah Dia."

1b. Matius  26:49 Dan segera ia maju mendapatkan Yesus dan berkata: "Salam Rabi," lalu mencium Dia.

2a. Markus  14:44 Orang yang menyerahkan Dia telah memberitahukan tanda ini kepada mereka: "Orang yang akan kucium, itulah Dia, tangkaplah Dia dan bawalah Dia dengan selamat."

2b. Markus  14:45 Dan ketika ia sampai di situ ia segera maju mendapatkan Yesus dan berkata: "Rabi," lalu mencium Dia.

3a. Lukas  22:47. Waktu Yesus masih berbicara datanglah serombongan orang, sedang murid-Nya yang bernama Yudas, seorang dari kedua belas murid itu, berjalan di depan mereka. Yudas mendekati Yesus untuk mencium-Nya.

3b. Lukas  22:48 Maka kata Yesus kepadanya: "Hai Yudas, engkau menyerahkan Anak Manusia dengan ciuman?" 


Kesimpulan dari ayat diatas adalah yesus akan ditandai dengan siapa yang yudas cium. Mengapa perlu tanda itu? Tidakkah yahudi tahu siapa yang harus ditangkap?

4a. Yohanes  18:3. Maka datanglah Yudas juga ke situ dengan sepasukan prajurit dan penjaga-penjaga Bait Allah yang disuruh oleh imam-imam kepala dan orang-orang Farisi lengkap dengan lentera, suluh dan senjata.

4b. Yohanes  18:4 Maka Yesus, yang tahu semua yang akan menimpa diri-Nya, maju ke depan dan berkata kepada mereka: "Siapakah yang kamu cari?"

4c. Yohanes  18:5 Jawab mereka: "Yesus dari Nazaret." Kata-Nya kepada mereka: "Akulah Dia." Yudas yang mengkhianati Dia berdiri juga di situ bersama-sama mereka.

4d. Yohanes  18:6 Ketika Ia berkata kepada mereka: "Akulah Dia," mundurlah mereka dan jatuh ke tanah.

4e. Yohanes  18:7 Maka Ia bertanya pula: "Siapakah yang kamu cari?" Kata mereka: "Yesus dari Nazaret."

4f. Yohanes  18:8 Jawab Yesus: "Telah Kukatakan kepadamu, Akulah Dia. Jika Aku yang kamu cari, biarkanlah mereka ini pergi."

4g. Yohanes  18:12 Maka pasukan prajurit serta perwiranya dan penjaga-penjaga yang disuruh orang Yahudi itu menangkap Yesus dan membelenggu Dia.

 

Yohanes menyatakan bahwa yudas tidak mencium, tetapi yesus yang aktif bertanya dan mengaku sebagai orang yang dicari, bahkan menyerahkan dirinya.

Dua pernyataan berbeda ini akan memiliki jalan cerita berbeda, sehingga saya berharap ada orang yang memahami alkitab dan bisa menjelaskan mana peristiwa yang benar antara yohanes dibandingkan matius+markus+lukas. Sehingga saya bisa mengetahui rangkaian peristiwa penyaliban berdasarkan alkitab yang telah disimpulkan dalam Al Qur'an, dengan benar dan lengkap.

Mendapat jawaban tentang siapa yang diserupakan oleh Allah SWT dan apakah orang itu memang pantas sebagai pengganti untuk mengetahui KEMAHA ADILAN Allah SWT , agar saya faham Al Qur'an, tidak hanya membaca saja.

1 comment:

  1. Alquran sangat jelas menekankan pada kalimat pembuka di surat 4 ayat 157 dengan bunyi: "karena ucapan mereka" !

    Jadi jelas dalam ayat tersebut mereka keturunan yahudi yang percaya penyaliban mengatakan sesungguhnya kami telah membunuh ! Dan keturunan Yahudi yang kafir mengatakan "diserupai".

    Jadi jelas Alquran menyatakan bahwa peristiwa penyaliban dimasa lalu masih diperdebatkan oleh keturunan orang-orang yahudi yang percaya dan yang kafir, oleh karena itu kita pembaca Alquran terserah mau mengikuti "ucapan mereka yang percaya atau yang kafir" semua terserah pembaca !

    Lihat di: http://siapaisa.blogspot.co.id/

    ReplyDelete