Thursday 17 April 2014

Sukses membutuhkan sisi Spiritual, jawaban Al Qur'an

Quran menjawab mengapa kerja keras tidak selalu sukses?

Surat Al Baqarah adalah surat kedua yang terdiri dari 286 ayat dan diturunkan di Madinah. Ayat ke 3 berbunyi yang artinya, "Orang orang yang beriman dengan yang Ghaib (tidak terlihat)."


Ini menunjukkan bahwa di dunia ini yang ada bukan hanya hal hal yang terlihat mata, tapi juga ada hal hal yang tidak terlihat. Segala sesuatu punya 2 sisi. Nyata dan tidak nyata. Hardware dan software. Jasmani dan Ruhani.


Sering terlihat orang berusaha sangat keras, sama seperti yang dilakukan orang sukses, tapi nyatanya ia tidak sukses. Bukankan katanya sukses meninggalkan jejak yang bisa ditiru?

Ternyata yang harus ditiru tidak hanya apa yang terlihat, tapi juga sisi spiritualitasnya. Sisi spiritualitas adalah nyawa dari segala aktifitas yang dilakukan. Tanpa itu, maka aktifitas tak akan hidup.

Ini yang menjadi alasan mengapa toko yang disusun dengan cara yang hampir sama, tetapi berpenghasilan berbeda. Yang satu laku, yang lainnya sepi pembeli.

Di sosial media, seseorang yang hanya menulis status, "Aduh!", langsung ditanggapi orang dan bertanya ada apa? Sedangkan status dari orang yang lainnya yang berisi informasi penting atau juga mengucapkan kata kata yang sama tidak dihiraukan. Ada semacam kharisma dalam kata kata dan orang yang mengatakannya.

Spiritualitas bisa dilakukan dengan Shalat, seperti pada lanjutan bunyi Al Baqarah ayat 3, "dan mendirikan Shalat," karena semua Agama langit melakukan sembahyang (yaitu berdiri, berlutut dan sujud). Ini bisa dibuktikan jika dicari di youtube dan akan dibahas dalam tulisan yang lain.


No comments:

Post a Comment