Thursday 23 February 2017

Aturan menggunakan Media Sosial, Apa saja masalahnya?

Bagaimanakah cara menggunakan Medsos yang baik?

Sebagai manusia kita adalah mahkluk sosial. Senang berkumpul dan berkomunikasi. Saat ini tersedia berbagai saluran dan cara untuk berkomunikasi. Ada email, chat, SMS, telpon dll.

Lalu bagaimanakah cara menggunakan saluran itu dengan baik?

Ketika anda mengirim sebuah pesan ke group, maka ada 3 hal yang anda ambil dari semua anggota group, yaitu:
    1. Waktunya.
    2. Uangnya dalam bentuk pulsa internet.
    3. Ruang penyimpanan data.
Pernah terjadi seseorang mengirim berita tentang meninggalnya seseorang ke group wa. Maka ada yang memprotes. Saat itu pengirim menjawab, jika tidak suka silahkan hapus. Jawabannya tidak sesederhana itu.

Karena, ketika kita mengirim pesan ke group, maka tiap anggota group akan menghabiskan waktu untuk menbaca dan menghapusnya. Jika ini dilakukan berulang ulang berapa waktu yang habis sia sia. Ada juga beberapa orang menghentikan WAnya karena handphonenya menjadi lambat. Karena banyaknya pesan dari berbagai group.

Tiap pesan yang sampai juga mengambil pulsa internet. Bayangkan berapa banyak pulsa yang "dicuri secara tidak sadar" dari anggota group, padahal dia tidak mendapatkan manfaat dari pesan tersebut.

Jadi gunakan medsos dengan cara yang baik.
    • Kirim pesan ke group jika mayoritas anggota group akan memperoleh manfaat dari pesan tersebut.
    • Jangan mengulang ulang pesan yang sama.
    • Jangan mengirim pesan pesan pendek berulang ulang karena biasanya pemakaian data dibulatkan keatas per pesan. Bukan perhuruf seperti yang dilakukan esia dulu.
    • Jika ada pesan tentang berita meninggal atau sakit atau syukuran atas kelahiran serta acara apa saja. Cukup satu orang saja yang mengirim pesan sebagai informasi awal. Jawaban atas pesan tersebut langsung dikirim ke wa orang yang berduka atau bergembira. Misalnya ucapan selamat atas kelahiran. Doa cepat sembuh. Turut berbelasungkawa. Jika orang yang dituju bukan anggota group atau tidak ada dalam saluran, cukup berdoa dalam hati. Selama ini sering terjadi jika ada berita kematian maka puluhan hingga ratusan ucapan belasungkawa bertebaran di group. Menghabiskan waktu dan pulsa. Akan lebih efektif jika langsung kepada orang yang dituju.
    • Sementara untuk orang yang dituju bisa menggunakan saluran group jika banyak yang harus dibalas atas ucapan dan doanya. Jika hanya 2 atau 3 atau bisa dengan japri (JAringan PRIbadi), maka sebaiknya gunakan japri. akan lebih bermakna dan berbalas.

Silahkan direnungkan. Intinya, jangan buang waktu dan uang orang. Inna Mubazirina ikhwanu syaitan. Maaf jika anda tidak sependapat.

No comments:

Post a Comment