Sunday 13 August 2017

Benarkah laki laki harus shalat di masjid?

Bagaimana cara dan tempat sujud yang benar?


Saya sering mendengar pernyataan bahwa laki laki harus shalat wajib di masjid berjamaah.Di kompleks saya ada masjid yang dekat dari rumah. Tapi saya lebih sering shalat wajib di rumah, mengapa?

Karena seluruh lantai masjid sudah dikarpet tebal. Tidak ada lagi ubin tempat sujud. Mengapa harus sujud di ubin? Karena Rasulullah sujud diatas tanah. Ada beberapa hadis tentang hal ini. Silahkan lihat video ditautan bawah.

Saya sarjana fisika (bukan untuk menyombongkan tapi untuk menunjukkan bahwa saya berkompeten untuk bicara tentang fisika) yang belajar bahwa listrik memerlukan ground (bumi) agar netral. Petirpun mencari bumi agar netral. Fisikapun mengatakan bahwa semua materi merupakan energi. Yang dikatakan 1 atom pun lebih dari 99% adalah ruang kosong. Intinya adalah energi.

 Neuroscience pun menyatakan bahwa fikiran juga merupakan energi. Sedangkan fikiran ada yang positif dan negatif. Pertanyaannya. Bagaimana cara menetralkan fikiran negatif? Islam mengajarkan untuk wudhu dan sujud.

Mengapa wudhu dengan air dan bertayamum dengan debu/tanah? Karena itu adalah konduktor (penghantar). Saat wudhu sebagian dosa dinetralkan oleh air wudhu. Ketika sujud maka sebagian besar fikiran negatif dan dosa dinetralkan ke bumi. Ada beberapa hadis yang menyatakan bahwa sujud untuk menggugurkan dosa.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Beliau bersabda,

عَلَيْكَ بِكَثْرَةِ السُّجُودِ لِلَّهِ فَإِنَّكَ لاَ تَسْجُدُ لِلَّهِ سَجْدَةً إِلاَّ رَفَعَكَ اللَّهُ بِهَا دَرَجَةً وَحَطَّ عَنْكَ بِهَا خَطِيئَةً

‘Hendaklah engkau memperbanyak sujud (perbanyak shalat) kepada Allah. Karena tidaklah engkau memperbanyak sujud karena Allah melainkan Allah akan meninggikan derajatmu dan menghapuskan dosamu’.”

Sumber : https://rumaysho.com/1715-hendaklah-engkau-memperbanyak-sujud.html

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda : "Sesungguhnya seorang hamba apabila berdiri untuk mengerjakan shalat, akan  didatangkan semua dosa dosanya lalu diletakkan di atas kedua pundaknya. Setiap kali ia ruku' atau sujud, maka berjatuhanlah dosa-dosanya." (Lihat ash Shahihah nomor 1398)

Itulah sebabnya saya selalu berusaha mencari ubin karena semakin dekat ketanah. Mengapa tidak langsung ketanah? karena sudah sulit menemui tanah yang cukup bersih.

Coba fikirkan dan laksanakan hanya jika anda mau bertanggungjawab atas pilihan anda. Karena pemikiran ini tidak bisa dikonfirmasi kebenarannya. Yang jelas, tidak salah shalat langsung ke ubin asal bersih. 

Ubin lebih baik dari karpet karena karpet menahan debu dan bibit penyakit saat orang batuk ketika sujud. Dan berbau karena air bekas wudhu yang mengering diatas sajadah atau karpet.

Silahkan pelajari:
https://www.youtube.com/watch?v=46gQsnR2pKQ

No comments:

Post a Comment